AirAsia dan Bandara Malaysia Berselisih Terkait Terminal Kinabalu

AirAsia dan Malaysia Airports kembali terlibat dalam perang kata-kata terkait pemindahan paksa ke Terminal 1 di bandara Internasional Kota Kinabalu (KKIA) pada tahun 2015.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada 23 Juli, Bandara Malaysia menghubungkan peningkatan 9,4% dalam kunjungan wisatawan internasional ke negara bagian Sabah tahun lalu ke konsolidasi maskapai penerbangan di terminal 1 Bandara Internasional Kota Kinabalu pada bulan Desember 2015.

Operator menambahkan bahwa langkah pada Desember 2015 “pertumbuhan yang difasilitasi” untuk AirAsia, yang awalnya berbasis di terminal 2 KKIA, karena pertumbuhan melalui bandara melayang “antara 2 hingga 3% pada 2014/15 … dan melonjak hingga 5% di 2016, 11% pada tahun 2017 dan 15% untuk paruh pertama tahun 2018 “.

Kepala Eksekutif AirAsia Malaysia, Riad Asmat memukul balik operator bandara, yang menyatakan pada 25 Juli bahwa pertumbuhan yang lebih rendah pada 2014/15 berkorespondensi dengan penurunan kedatangan orang Cina karena penculikan di Sabah, “dan tidak ada hubungannya dengan T2”.

Kami terpaksa pindah ke T1 mengingat fasilitas dan fasilitas yang dibuat tidak tersedia [di T2] untuk operasi kami kemudian. Selama periode itu, lalu lintas penumpang KKIA tumbuh tahun ke tahun setiap tahun, kecuali pada tahun 2014 dan 2015,” dia menambahkan,

Maskapai penerbangan itu malah menyerukan Bandara di Malaysia agar mengizinkannya kembali ke T2, yang akan memfasilitasi perluasan jaringan lebih lanjut ke Cina, Korea Selatan, Jepang, dan India. Mengizinkan untuk beroperasi dari fasilitas itu akan memungkinkan basis Kota Kinabalu tumbuh dari delapan pesawat menjadi 45 selama dekade berikutnya – termasuk 10 Airbus A330 dioperasikan oleh saudari pembawa AirAsia X.

AirAsia telah menawarkan untuk menanggung biaya perbaikan dan perluasan fasilitas, yang dapat memfasilitasi untuk membawa 18 juta penumpang melalui Kota Kinabalu pada 2028. “Namun, kami tidak dapat melakukan ini sementara kami tetap dibatasi oleh basis biaya yang lebih tinggi di T1,” tambahnya. Asmat.

Membuat CEO AirAsia marah

Bandara Malaysia juga membuat marah CEO Grup AirAsia Tony Fernandes setelah mengklaim bahwa program insentif dan biaya layanan penumpang yang lebih rendah di terminal berbiaya rendah saat ini di bandara Kuala Lumpur International menjadi penggerak pertumbuhan anggaran maskapai.

Operator bandara mengatakan bahwa antara 2007 dan 2009, insentif “diberikan secara eksklusif kepada AirAsia … dengan selisih MYR376 juta ($ 92,6 juta)”.

Fernandes menanggapi di Twitter, mencatat bahwa semua maskapai penerbangan diberikan insentif oleh operator bandara, dan itu adalah AirAsia yang pada gilirannya “membangun bisnis besar untuk Bandara Malaysia“. Dia menambahkan bahwa daripada dukungan, itu diberikan “sangat berlawanan” oleh operator.

Tetapi kami telah melakukan yang terbaik tetapi poin saya adalah kami dapat melakukan lebih banyak lagi dan menciptakan lebih banyak pekerjaan jika mereka telah bekerja dengan pelanggan terbesar mereka,” tambahnya.

Fernandes juga menyatakan harapan bahwa Komisi Penerbangan Malaysia akan secara efektif “polisi” kekuatan monopoli Bandara Malaysia di masa depan.

Comments are Disabled